Saturday, January 9, 2016

PERAN PENYELIA DALAM MANAJEMEN



Penyelia adalah bagian penting dari tim manajemen yang memberikan arah dan kepemimpinan dalam suatu organisasi

Mengapa Manajemen begitu penting?
Manajemen adalah suatu jabatan yang unik. Manajemen diartikan sebagai proses mengadakan, mengatur dan memanfaatkan berbagai sumber daya penting guna mencapai tujuan suatu organisasi. Salah satu sumber daya penting guna mencapai tujuan suatu organisasi. Salah satu sumber daya terpenting dari suatu organisasi adalah karyawan. Para manajer menghabiskan sebagian besar waktunya untuk merencanakan, mengorganisir, menyusun staf, mengaktifkan dan mengendalikan pekerjaan dari sumber daya manusia ini. Perbedaan yang nyata antara manajer dengan karyawanadalah bahwa manajer mengarahkan pekerjaan orang lain, bukan melakukannya sendiri.

Apakah semua manajer sama?
Tidak. Manajer dan pekerjaan yang dilakukannya, berbeda-beda sesuai dengan jenjang hierarki mereka dalam organisasi. Manajer yang beradadi puncak organisasi adalah para eksekutif. Eksekutif adalah orang-orang  yang mengepalai dan bertanggung jawab atas sekelompok manajer lain. Eksekutiflah yang menyusun rencana secara garis besar, tujuan dan kebijakan umum. Mereka memotivasi, mengarahkan dan mengendalikan para manajer bawahannya.
Manajer madya bertugas merencanakan, memprakarsai, dan melaksanakan program program yang dimaksudkan untuk mencapai tujuan yang lebih luas yang ditetapkan oleh eksekutif. Mereka memberi motivasi, mengarahkan  dan mengendalikan para penyelia (dan manajer-manajer lainnya serta para karyawan) yang merupakan bawahan mereka.
Penyelia adalah manajer yang umumnya berada di bawah koordinasi manajer menengah. Penyelialah yang memikul tanggung jawab pelaksanaan. Mereka harus mengupayakan agar para petugas pelaksana dapat melaksanakan rencana dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh para eksekutif dan manajer menengah. Penyelia merencanakan, memotivasi, mengarahkan dan mengendalikan kegiatan karyawan non manajerial padatingkat operasional dari organisasi.

Kemampuan yang di perlukan
Penyelia harus melandasi kerja menajerialnya dengan kemampuan teknis maupun hubungan antar manusia yang berskala luas.
Bagaimanan seseorang dapat menjadi penyelia?

Tiga di antara empat orang penyelia berhasil menduduki jabatannya karena promosi di organisasinya. Pada umumnya mereka adalah  karyawan yang sudah lama mengabdi di perusahaan yang bersangkutan. Mereka adalah karyawan yang memiliki pengalaman lebih banyak, peran memegang berbagai jabatan di organisasinya dan memiliki latar belakang pendidikan lebih tinggi dibanding para karyawan yang dipimpinnya.biasanya tampak jelas bahwa para penyelia dipilih di antar karyawan-karyawan terbaik dan paling berpengalaman dalam suatu organisasi. 

No comments:

Post a Comment